Selasa, 29 November 2016

elliptical



MAKALAH
ELLIPTIC STRUCTURE
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Mata Kuliah
MATRIKULASI BAHASA INGGRIS
Dosen Pengampu :
Anindita Badianti, M.Pd.

Description: D:\Lambang 2.jpg
Disusun Oleh : Kelompok 8
1.          Vina Akmalia Iryadi                         (17203163013)
2.          Inayatul Chusniyah                          (17203163041)
3.          Devi Azizatus Shifa’                          (17203163049)
4.          Widya Gustina Wahyuningsih         (17203163173)

JURUSAN TADRIS BAHASA INGGRIS (TBI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG
NOVEMBER 2016
PEMBAHASAN

1.    Pengertian Elliptical Structure
Menurut Gowers (1968: 152) Elipsis adalah penghilangan kata atau sejumlah kata dari kalimat yang dimaksudkan untuk membuat-kalimat menjadi urutan yang lebih pendek dan lebih baik. Struktur elips digunakan untuk menghindari pengulangan kata atau Beberapa kata dalam sebuah kalimat.
Elliptical structur dari kata “Ellipsis” yang berarti “penghilangan”. Elliptical Structure mempunyai fungsi untuk menghilangkkan beberapa kata agar kalimat itu menjadi lebih sederhana atau lebih pendek tanpa mengurangi arti dalam kalimat tersebut.­­

2.      Penggunaan Elliptical Structure
Struktur konstruksi elips bahasa Inggris yang dinyatakan oleh Mas'ud adalah sebagai berikut:pelengkap) dapat diatur sebagai berikut:
penggunaan So and too Digunakan untuk menggabungkan dua kalimat positif yang subyeknya berbeda dan mempunyai kata kerja (verb) yang sama dengan grammar yang sama pula.
Aturan :
a.    And so + aux/to be + subject
b.    And subject + aux / to be + too
Examples :
1. a. she studies English
    b. he studies English.
Digabungkan  :
She studies English and so does he, atau
She studies English and he does too.
2. a. I went to Bali.
    b. he went to Bali.
      Digabungkan :
      I went to Bali and so did he, atau
      I went to Bali and he did
a.       Dua pernyataan positif yang memiliki predikat yang sama (termasuk objek dan pelengkap) dapat diatur sebagai berikut:o.

S + V (be) ............ + ,  +  and +     S  + V (be) ......... + too
                                                   So + V (be) ......... + subject

Berikut adalah beberapa contoh:
1.      She is clever. I am clever
(She is clever, and I am too)
(She is clever, and so am I)
2.      Rudi plays tennis well. Adi plays tennis well
(Rudi plays tennis well, and Adi does too)
(Rudi plays tennis well, and so does Adi)[1]

a.       Dua pernyataan negatif yang memiliki predikat yang sama (termasuk objek dan pelengkap) dapat diatur sebagai berikut:

Negative statement + , + and +         s  + negative auxiliary or be + either
                                            Neither  +  positive auxiliary or be  + subject
Berikut adalah beberapa contoh:
1.      Father doesn’t like coffee. Mother doesn’t like coffee
(Father doesn’t like coffee, and Mother doesn’t either)
(Father doesn’t like coffee, neither does mother)
2.      She didn’t do her homework. I didn’t do my homework
(She didn’t do her homework, and I didn’t either)
(She didn’t do her homework, and neither did I)
b.      Dua pernyataan positif yang mengandung verba majemuk (auxiliary / modal + kata kerja) dapat diatur sebagai berikut:

S + compound verb ............ + , + and +   S  + compound verb ......... + too
                                                             So + compound verb ......... + subject
Berikut adalah beberapa contoh:
1.      You must stay at home. He must stay at home
(You must stay at home, and he must too)
(You must stay at home, and so must he)
2.      Wildan will do the exercise. Anna will do the exercise
( Wildan will do the exercise, and Anna will too)
( Wildan will do the exercise, and so will Anna)

c.     Dua pernyataan negatif yang mengandung verba majemuk (auxiliary / modal + kata kerja) dapat diatur sebagai berikut:
Negative statement + , + and +  subject   + negative compound verb + either
                                              Neither  +  positive compound verb  + subject
Berikut adalah beberapa contoh:
She won’t be going to the conference. Her friend won’t be going to the conference
(She won’t be going to the conference, and Her friend won’t either )
(She won’t be going to the conference, and neither will Her friend )

d.      Kombinasi dari dua kalimat yang saling berlawanan (laporan negatif dan pernyataan positif atau pernyataan positif dan pernyataan negatif) dengan tegang sama diatur dengan menggunakan bersama "tapi". Pola adalah sebagai berikut:
S +        negatif  or positive       .... + , +   but +   subject   +     positif  or negative    ....
                    Auxiliary                                                                       auxiliary
                    (Modal)                                                                         (modal)


Berikut adalah beberapa contoh:
1.      He doesn’t bring a book. She brings a book
(He doesn’t bring a book, but she does)
2.      Anna can speak English. Wildan can’t speak English
(Anna can speak English, but Wildan can’t)
e.     Kombinasi dari dua pernyataan positif yang berisi kata kerja, kata benda, dll; di tegang sama diatur dengan menggunakan hubungannya "Both ... and ...".
Berikut adalah beberapa contoh:
1.      Ahmad was sad. Adi was sad.
(Both Ahmad and Adi were sad)
2.      You can speak English. He can speak English
(Both you and he can speak English)

f.       Pola di bawah ini digunakan untuk menyatakan "salah satu dari dua tindakan" dalam dua kalimat dengan tegang sama.
“Either … or … + positive auxiliary (modal)”.

Berikut adalah beberapa contoh:
1.      You will close the door. I will close the door.
(Either you or I will close the door)
2.      You can write a letter. You can read a book.
(You can either write a letter or read a book)
g.      Pola di bawah ini digunakan untuk menyatakan "tidak ada" dalam dua kalimat positif dengan tegang sama.
“Neither…nor…+ positive auxiliary (modal).”

Berikut adalah beberapa contoh:
1.       My father isn’t a doctor. My father isn’t a teacher.
 (My brother is neither a doctor nor a teacher).
2.      Susi can’t read a novel. Dina can’t read a novel.
(Neither Susi nor Dina can read a novel)


DAFTAR PUSTAKA
Mas’ud, Fuad. 1998. Essentials of English Grammar a Practical Guide. Yogyakarta: BPFE.
Parrot, Martin. 2000. Grammar For English Language Teachers with exercises and key. New York : Cambridge University Press.


[1] Fu’ad Mas’ud, Essentials of English Grammar a Practical Guide, (Yogyakarta: BPFE, 1998) hlm. 221 -- 224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar